LAPORAN
Perencanaan
Bisnis Pernak-Pernik Flanel
Dan
lain-lain
SIF
3 F
KELOMPOK
2
Tugas
2
Pengetahuan Bisnis
Pengetahuan Bisnis
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
FAKULTAS
SAINS DAN TEKNOLOGI
JURUSAN
SISTEM INFORMASI
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat , hidayah dan bimbinga-Nya
, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini. Penulisan laporan ini
digunakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah PENGETAHUAN BISNIS. Oleh
karena itu kami mengucapkan terima kasih
kepada :
1. Ibu MEGAWATI selaku
dosen pengajar mata kuliah PENGETAHUAN BISNIS yang telah bersedia membimbing
kami.
2.. Teman-teman
kelas F semua yang telah mendukung dan memberi semangat kepada kami.
Semoga
bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada kami mendapat balasan serta
karunia dari Allah SWT .
Kami menyadari bahwa dalam
penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik serta saran yang membangun
guna menyempurnakan laporan ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun
laporan-laporan atau tugas-tugas selanjutnya.
Kami juga memohon maaf apabila dalam penulisan
laporan ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan
pembaca dalam memahami maksud kami.
Pekanbaru,
Oktober 2014
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Bisnis ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga orang mahasiswi yang
senang dalam bidang fashion pernak-pernik. sebagai calon tenaga kerja, harus mampu berpikir
kreatif dan inovatif yang mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkan
peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan meningkatnya
industri perdagangan saat ini, maka cukup banyak dirasakan dampaknya oleh
sebagian besar masyarakat Indonesia, untuk itu kami sebagai mahasiswa sudah
sewajarnya menuangkan segala potensi diri, dan daya kreasi.
Bisnis kami berbentuk Industri kecil (Home Industri) yang selama ini banyak
diminati banyak orang. Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah
pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi
ekonomi, karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan
perekonomian suatu daerah.
Kami
melihat di zaman sekarang banyak sekali anak-anak dan remaja putri yang
menggemari pernak-pernik.Selain karena bentuknya yang lucu-lucu dan unik,
pernaik-pernik memang sudah menjadi kebutuhan dari penampilan mereka. Oleh
karena itu, Kami membuat berbagai macam pernak – pernik yang terbuat dari
bahan Flanel dan manik-manik, yang dikombinasikan dengan bahan bahan lainya
sehingga menjadi aksesoris yang digemari berbagai kalangan. Beberapa produk
kami antara lain bross, kalung, boneka pajangan,
kotak pensil, gantungan kunci, dll.
Lingkungan
public teknologi adalah lingkungan yang sangat bagus untuk memasarkan produk
kami, dengan semakin berkembangnya kebutuhan pernak - pernik fashion di bidang
jilbab dan lain-lain maka kami menggunakan desain sederhana dengan ide - ide
kreatif dan juga tidak terlihat biasa. Dengan perkembangan teknologi Para bisa
membeli produk kami dengan via online. Tidak hanya melalui teknologi, kami juga
memasarkan dengan langsung produk kami.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana bentuk Rencana bisnis
awal ?
2. Bagaimana perkiraan lingkungan
bisnis di sekitar?
3. Bagaimana perancanaan manajemen
dalam bisnis ini?
4. Bagaimana rencana Permodalan
dalam bisnis ini?
5. Bagaimana perencanaan produksi
dalam bisnis ini?
6. Apa saja alat-alat dan
bahan-bahan produksi yang diperlukan?
7. Bagaimana rencana pemasaran produk?
1.3 Tujuan
1. Dengan usaha ini pengalaman dan
wawasan mahasiswa bisa bertambah.
2. Membantu masyarakat agar lebih
mengenal berbagai macam kerajinan.
3. Mendapatkan keuntungan lebih dari
hasil usaha ini.
4. Membantu mengurangi pengangguran
dengan membuka usaha ini.
5. Membangun kemandirian yang lebih
baik.
1.4 Tinjauan Teori
pengertian perencanaan
Arti Perencanaan Menurut Para Ahli
1. Garth N.Jone, Perencanaan adalah
suatu proses pemilihan dan pengembanngan dari pada tindakan yang paling baik
untuk pencapaian tugas.
2. M.Farland, Perencanan adalah suatu
fungsi dimana pimpinan kemungkinan mengunakan sebagian pengaruhnya untuk
mengubah daripada wewenangnya
3. Kusmiadi (1995), Perencanaan
adalah proses dasar yang kita gunakan untuk memilih tujuan-tujuan
dan menguraikan bagaimana cara pencapainnya.
4. Soekartawi (2000), Perencanaan
adalah pemilihan alternatif atau pengalokasian berbagai sumber daya yang
tersedia.
- pengertian bisnis
1. Hughes dan Kapoor
Bisnis ialah suatu kegiatan usaha
individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna
mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam
industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko
dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.
2. Mahmud Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan
yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba
dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan
konsumen.
Perencanaan bisnis
Ada beberapa pengertian tentang perencanaa bisnis :
1. Business Plan merupakan suatu
dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual
barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi
penyandang dana.
2. Business Plan merupakan dokumen
tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan/pengusaha untuk memanfaatkan
peluang-peluang usaha(business opportunities) yang terdapat di lingkungan
eksternal perusahaan,menjelaskan keunggulan bersaing(competitive advantage)
uasaha, serta menjelaskan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk
menjadikan peluang usaha tersebut menjadi suatu bentuk usaha yang nyata.
Jadi Business Plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha
yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal
mengenai perusahaan untuk memulai pada waktu usaha. Adapun isinya sering
merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran,permodalan,operasional dan
sumber daya manusia.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Profil Bisnis
Flanel Shop menjual aneka kreasi dari kain flanel (bross jilbab,
gantungan kunci, gantungan HP, boneka pajang, dll) juga aksesoris seperti
gelang dan kalung yang semuanya dibuat
sendiri oleh tangan-tangan yang sudah terampil, dan bisa dibuat
sesuai dengan desain para konsumen inginkan (made by request), dan dibuat
secantik mungkin.
Lokasi Flanel shop di Pekanbaru daerah sekitar Kampus UIN SUSKA yaitu di
jl. garuda sakti, sementara ini kami hanya melayani penjualan online saja
(belum ada toko), dan kami juga melayani COD.
SMS 085290037992 (CS 1), 081390073222 (CS 2)
WA 089612739833
Line: flanel shop us
BBM 7bd7febc
Fans page : Flanel Shop
Twitter : flannel shop
Instagram : @flane_shop
website : www.flanelshop.com
2.2
Visi Dan
Misi
VISI
Memacu kreatifitas dan inovasi sehingga dapat
menghasilkan keunikan tersendiri dari pernak-pernik yang dihasilkan dan juga Menciptakan
perdagangan yang memudahkan antara produsen dan konsumen.
MISI
a. Menggunakan internet
sebagai media perdagangan dan promosi sehingga lebih flexsibel dan efisien.
b. Memudahkan siapa saja untuk
memesan produk tanpa harus mendatangi secara langsung tempat penjualannya.
c. Menciptakan desain baru
sehingga perusahaan handycraft flanel shop tetap up to date terhadap apa yang sedang digemari konsumen saat ini.
2.3
Bentuk Rencana Bisnis
Bisnis kami berbentuk
home industry atau bisnis kecil. Semua
produk kami produksi di rumah dengan alat-alat yang diperlukan. Produk yang
kami hasilkan berupa bross jilbab, gantungan kunci, kotak pensil, boneka
pajangan, dan lain-lain. Dalam hal desain, produk kami menggunakan desain yang
sederhana, simple tetapi terlihat cantik dan elegan. Konsumen bisa langsung
menghubungi kami apabila ada pesanan desain ataupun bentuk khusus yang
diinginkan. Produk kami akan dipasarkan melalui jejaring social, web, dan
promosi secara langsung ke konsumen.
BAB III
LINGKUNGAN BISNIS DISEKITAR
Dalam
perencanaan pembuatan bisnis pernak-pernik, kami harus memperhatikan lingkungan
bisnis karena lingkungan bisnis merupakan salah satu faktor eksternal yang
mempengaruhi perkembangan bisnis.
3.1 Lingkungan Ekonomi
Mengingat
kondisi perekonomian di Indonesia tidak stabil, banyak resiko yang akan kami
hadapi dalam bisnis ini. Diantaranya rendahnya tingkat pembelian, ini
disebabkan masyarakat Indonesia yang selalu menginginkan produk yang
berkualitas tetapi dengan harga yang sangat terjangkau. Tetapi dalam hal ini
kami tidak terlalu khawatir, dalam pemasaran produk, kami memasang harga yang
sangat terjangkau oleh masyarakat dan juga bisnis kami menekankan pada kualitas
produk.
3.2 Lingkungan Industri
Bisnis
yang akan kami jalankan ini akan sangat menguntungkan bagi pengusaha industri lainnya.
kami akan bekerja sama dengan industri tekstil terutama untuk kain flannel dan
peralatan lainnya yang berhubungan dengannya. Kami juga akan bekerja sama
dengan para pengusaha pernak-pernik untuk memenuhi bahan-bahan yang kami
butuhkan. Tidak hanya itu, kami juga bekerjasama dengan para pembisnis yang
memiliki kesamaan produk dengan kami, dalam kerjasama ini kami melakukan
sharing informasi dan juga saling membantu karena kami masih pemula.
3.3 Lingkungan Global
Dalam bisnis saya ini, kami akan bekerja keras
untuk menjadikan produk kami mampu bersaing dengan produk-produk yang sudah
ada. Dengan kwalitas produk yang terbaik dan juga harga yang sangat terjangkau
bagi semua kalangan, kami yakin produk kami akan laris di pasaran.
BAB IV
MANAJEMEN
Dalam perencanaan manajemen
ini kami membagi dalam beberapa hal yaitu:
4.1
Struktur Organisasi
Karena bisnis kami hanyalah bisnis kecil, maka
bagian-bagian dalam struktur organisasi kami hanya bagian-bagian yang kami
perlukan, yaitu:
1. manajer : Anita Pauziah H
2. Bagian
Keuangan : Putri Wahyuni
3. Bagian
Produksi : Suliatun
4. Bagian
Pemasaran : Revita dewi
4.2
Job Descripton
1.
Penanggung jawab bertugas untuk memantau semua aspek produksi hingga
distribusi.
2.
Bagian Keuangan bertugas untuk
membuat anggaran dan laporan keuangan
3.
Bagian Produksi bertanggung jawab untuk semua ketersediaan bahan baku
hingga bahan jadi produk.
4.
Bagian Pemasaran berkonsentrasi untuk melakukan promosi - promosi produk dengan
berbagai media.
4.3
Mengelola Pegawai
Untuk tahap awal kami akan merekrut beberapa mahasiswa
yang mempunyai keinginan yang sama dengan kami dalam bidang kerajinan tangan,
selanjutnya kami akan menyesuaikan permintaan pasar. Kami akan memberikan pelatihan-pelatihan pada para pegawai, sehingga mereka semakin mahir
dalam melakukan proses produksi. Selain dengan cara memberikan pelatihan,
pegawai juga harus diberikan motivasi dalam bekerja, hal ini dilakukan untuk
mendongkrak semangat kerja para pegawai. motivasi yang akan kami berikan berupa
: -kenaikan gaji bagi para pegawai yang giat, rajin, dan ulet dalam bekerja. –memberikan
fasilitas-fasilitas kerja berupa, ruangan yang nyaman agar pegawai nyaman dalam
bekerja. –Dan lain-lain.
BAB V
PERMODALAN
Sumber - sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Flanel
shop yaitu dari pemilik usaha pernak-pernik sendiri. Sebagai investasinya untuk
itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
Neraca Permulaan Perusahaan
1. Modal Awal produksi
Pembelian bahan
|
Rp. 500.000,-
|
|
2. Biaya lain-lain
· Transportasi Rp. 50.000,-
· Administrasi Rp. 100.000,-
Jumlah biaya
lain-lain
RP. 150.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal
produksi Rp.
500.000,-
Jumlah biaya
lain-lain Rp.
150.000,- +
Total Rp.
650.000,-
BAB VI
PRODUKSI
6.1
Perncanaan Produksi Bisnis
Pada tahap awal pekerja, kami akan membuat
beberapa desain produk seperti kotak pensil, bross jilbab, boneka dan pernak-pernik
lainnya. Untuk tahap berikutnya
desain-desain yang telah dibuat akan diproduksi menjadi sebuah produk jadi
sesuai dengan desain. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, kami
memerlukan bahan-bahan dan alat-alat produksi yang berkualitas juga. Setelah
produk awal selesai diproduksi sesuai desain maka selanjutnya adalah pemasaran.
Jika konsumen kurang tertarik dengan desain kami maka kami akan mengganti
dengan desain baru sesuai keinginan konsumen.
6.2
Supplier Alat dan Bahan Produksi
Kami bekerja sama dengan salah satu toko grosir alat dan bahan
produksi pernak-pernik di pekanbaru. Mereka akan memenuhi apa-apa saja yang
kami butuhkan. Alat dan bahan yang di sediakan toko tersebut sangat berkualitas
dan juga banyak motif dan warna, harga untuk tiap-tiap alat dan bahan terbilang
cukup murah. Di toko inilah kami akan mengadakan semua alat dan bahan produksi
kami.
6.3
Alat-alat dan Bahan-bahan Produksi
Bahan-Bahan
produksi :
1. kain bulu, kain flannel, kain katun dan lain – lain
2. Benang
3. Berbagai macam pita, seperti pita
polkadot ,kotak-kotak, polos bulu, dll
4. Manik-Manik
5. Tali warna
6. Dakron
7. Pin
8. Gantungan kunci atau Hp dan lain
– lain
Alat-Alat Produksi:
1.
Jarum
2.
Gunting
3.
Bolpoin
4.
Pola
5.
Lem listrik
6.
penggaris
7.
dan lain-lain
BAB VII
PEMASARAN
Rencana
pemasaran sangat diperlukan sekali dalam pembuatan bisnis pernak-pernik kaena hal ini menyangkut
tentang distribusi dan sebaran produk yang akan dibuat.
7.1 Target Pasar
Produk
yang kami buat ditargetkan untuk para
wanita dan anak-anak. Karena berdasarkan analisis kami, produk-produk yang
berjenis sperti produk kami sangatlah diminati oleh wanita dan anak-anak.
7.2
Karakteristik Produk
Kami
menciptakan keunikan-keunikan pada produk kami, dan juga menciptakan ciri khas
yang bisa membuat orang tau bahwa produk tersebut adalah produksi kami. Kami akan
membedakan produk kami dengan produk-produk lain di pasaran. Kami akan membuat
desain-desain yang belum pernah ada, dengan warna yang
7.3
Penetapan Harga
Harga yang
akan kami tetapkan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh
masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
No.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1
|
Bross Jilbab
|
Rp. 3.000 – Rp. 20.000,-
|
2
|
Kotak pensil
|
Rp. 10.000 – Rp. 25.000,-
|
3
|
Boneka Pajang
|
Rp. 15.000 – Rp. 45.000,- / tergantung ukuran
|
4
|
Gantungan Kunci
|
Rp. 3000 – Rp. 10.000,-
|
5
|
Gelang
|
Rp. 3.000 – Rp. 15.000,-
|
7.4
Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak - banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-banyaknya.
7.5
Promosi
·
Melakukan iklan - iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring
sosial maupun forum.
·
Memasarkan promosi dari lingkungan sekitar.
·
Memasarkan produk melalui website
·
Dan lain-lain
BAB VIII
Analisis
SWOT
1. Kekuatan
a.
Memulai usaha ini
kecil kemungkinan akan mengalami kerugian yang besar seandainya usaha tersebut
tidak berjalan, karena disini modal pemilik di investasikan dalam bentuk
aksesoris flanel, jadi seandainya produk tidak laku dijual, produk tersebut
masih bisa dijual ke tempat lain.
b.
Jumlah pengeluaran
yang dibutuhkan tidak begitu besar karena sebagian bahan baku bisa diperoleh
dari limbah kain dari home industri dan grosiran Aksesoris. Selain itu, bahan
baku yang dihasilkan bervariasi dan biayanya terbilang cukup murah.
2. Kelemahan
a. flanel shop masih memiliki
beberapa kendala dalam pemasaran produk lewat internet. Flanel shop merupakan
perusahaan home industri di bidang pembutan handycraft yang sedang berkembang, sehingga
apabila ada pesanan besar akan sulit dalam penanganan produksi.
b.
Sebagai mahasiswa
kami memiliki keterbatasan waktu dalam proses pembuatan produk.
c.
Jika tidak kreatif
dan tidak berusaha mencari model-model aksesoris yang baru maka konsumen akan
cepat merasa bosan dengan model yang hanya itu-itu saja.
3. Peluang
a. banyak orang yang telah
menggunakan internet sebagai kebutuhan untuk berhubungan dengan dunia luar. Ini
dapat dijadikan sasaran peluang flanel shop untuk memasarkan produknya melalui
internet, karena dengan menggunakan internet siapapun dan kapanpun dapat memesan
produk dari flanel shop.
b.
Peluang terbesar
dari usaha ini adalah diantara teman-teman lain tidak ada yang melakukan usaha
serupa walaupun ada beberapa di lingkungan sekitar.
c.
Keuntungan yang
didapat cukup besar jika dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan.
d.
Mudahnya
mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi serta harga bahan
baku yang murah.
e.
Jika ditekuni,
usaha ini masih sangat menjanjikan melihat potensi pasar yang masih terbuka
luas.
4. Ancaman / Pesaing
a. Adanya perusahaan yang bergerak
di bidang sejenis memberikan ancaman yang cukup berarti untuk bisnis flanel shop.
Karena perusahaan lain yang telah menekuni bidang ini sejak lama dipastikan
telah memiliki banyak konsumen dan modal yang banyak.
b.
Kemungkinan untuk
orang lain membuka usaha yang sama sangat besar sehingga peluang persaingan
terbuka lebar.
BAB IX
PENUTUP
Dalam pembuatan
perencanaan bisnis pernak-pernik ini harus memperhatikan hal-hal penting.
Sebelum membuat perencanaan bisnis pernak-pernik ini harus terlebih dahulu
menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu lingkungan ekonomi,
lingkungan industri, lingkungan global karena dengan mengetahui kondisi dari
lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kesempatan, maupun
hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Setelah kita mengetahui
kondisi lingkungan, kita harus membuat rencana manajemen yaitu merancang
struktur organisasi, serta membuat perencanaan mengenai pengelolaan pegawai.
Karena dengan perencanaan manajemen, perusahaan dapat memilih pegawai yang
sesuai dengan bisnis kita demi terciptanya keefektifan dan keefisienan
lingkungan kerja.
Tidak kalah penting
dengan pembuatan rencana manajemen, pembuatan rencana pemasaran pun menjadi
salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam melakukan perencanaan bisnis pernak-pernik
ini. Adapun yang termasuk dalam perencanaan pemasaran adalah menentukan target
pasar, menentukan karakteristik produk, menentukan harga produk, menentukan
proses distribusi serta proses promosi itu sendiri.
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah membuat
perencanaan keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung tikar akibat
tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.
DAFTAR
PUSTAKA
1.Rifai,George.2011.Menyikapi perubahan dalam bisnis.Bandung.PT Mizan Pustaka.
2.Alma,Buchari.1998.Pengantar Bisnis.Bandung.Alfabeta.
2.Alma,Buchari.1998.Pengantar Bisnis.Bandung.Alfabeta.
3.Solihin,Ismail.2006.Pengantar Bisnis:Pengenalan Praktis dan
Studi Kasus.Jakarta:Kencana.
vghchgcghc
BalasHapus