Selasa, 14 Oktober 2014

Tugas : Perencanaan Bisnis Pernak-Pernik Flanel




LAPORAN
Perencanaan Bisnis Pernak-Pernik Flanel
Dan lain-lain






SIF 3 F
KELOMPOK 2
Tugas 2

Pengetahuan Bisnis


UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
JURUSAN SISTEM INFORMASI
2014


KATA PENGANTAR

Puji  syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa  atas segala rahmat , hidayah dan bimbinga-Nya , sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini. Penulisan laporan ini digunakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah PENGETAHUAN BISNIS. Oleh karena itu kami mengucapkan  terima kasih kepada :
1. Ibu MEGAWATI selaku dosen pengajar mata kuliah PENGETAHUAN BISNIS yang telah bersedia membimbing kami.
2.. Teman-teman kelas F semua yang telah mendukung dan memberi semangat kepada kami.
Semoga bantuan dan dukungan yang telah diberikan kepada kami mendapat balasan serta karunia dari Allah SWT .
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menyempurnakan laporan ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun laporan-laporan atau tugas-tugas selanjutnya.
 Kami juga memohon maaf apabila dalam penulisan laporan ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud kami.



Pekanbaru, Oktober  2014



Penulis




BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Bisnis ini berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga orang mahasiswi yang senang dalam bidang fashion pernak-pernik. sebagai calon tenaga kerja, harus mampu berpikir kreatif dan inovatif yang mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkan peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan meningkatnya industri perdagangan saat ini, maka cukup banyak dirasakan dampaknya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, untuk itu kami sebagai mahasiswa sudah sewajarnya menuangkan segala potensi diri, dan daya kreasi.
Bisnis kami berbentuk Industri kecil (Home Industri) yang selama ini banyak diminati banyak orang. Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi,  karena hal ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu daerah.
Kami melihat di zaman sekarang banyak sekali anak-anak dan remaja putri yang menggemari pernak-pernik.Selain karena bentuknya yang lucu-lucu dan unik, pernaik-pernik memang sudah menjadi kebutuhan dari penampilan mereka. Oleh karena itu, Kami membuat  berbagai macam pernak – pernik yang terbuat dari bahan Flanel dan manik-manik, yang dikombinasikan dengan bahan bahan lainya sehingga menjadi aksesoris yang digemari berbagai kalangan. Beberapa produk kami antara lain bross,  kalung, boneka pajangan, kotak pensil, gantungan kunci, dll.
Lingkungan public teknologi adalah lingkungan yang sangat bagus untuk memasarkan produk kami, dengan semakin berkembangnya kebutuhan pernak - pernik fashion di bidang jilbab dan lain-lain maka kami menggunakan desain sederhana dengan ide - ide kreatif dan juga tidak terlihat biasa. Dengan perkembangan teknologi Para bisa membeli produk kami dengan via online. Tidak hanya melalui teknologi, kami juga memasarkan dengan langsung produk kami.
1.2       Rumusan Masalah
1.      Bagaimana bentuk Rencana bisnis awal ?
2.      Bagaimana perkiraan lingkungan bisnis di sekitar?
3.      Bagaimana perancanaan manajemen dalam bisnis ini?
4.      Bagaimana rencana Permodalan dalam bisnis ini?
5.      Bagaimana perencanaan produksi dalam bisnis ini?
6.      Apa saja alat-alat dan bahan-bahan produksi yang diperlukan?
7.      Bagaimana rencana pemasaran produk?

1.3       Tujuan
1.      Dengan usaha ini pengalaman dan wawasan mahasiswa bisa  bertambah.
2.      Membantu masyarakat agar lebih mengenal berbagai macam kerajinan.
3.      Mendapatkan keuntungan lebih dari hasil usaha ini.
4.      Membantu mengurangi pengangguran dengan membuka usaha ini.
5.      Membangun kemandirian yang lebih baik.
1.4       Tinjauan Teori
pengertian perencanaan
Arti Perencanaan Menurut Para Ahli
1.      Garth N.Jone, Perencanaan adalah suatu proses pemilihan dan pengembanngan dari pada tindakan yang paling baik untuk pencapaian tugas.
2.      M.Farland, Perencanan adalah suatu fungsi dimana pimpinan kemungkinan mengunakan sebagian pengaruhnya untuk mengubah daripada wewenangnya
3.      Kusmiadi (1995), Perencanaan adalah  proses dasar yang kita gunakan  untuk memilih tujuan-tujuan dan menguraikan bagaimana cara pencapainnya.
4.      Soekartawi (2000), Perencanaan adalah pemilihan alternatif atau pengalokasian berbagai sumber daya yang tersedia.
- pengertian bisnis
1.      Hughes dan Kapoor
Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur.



2.      Mahmud Machfoedz
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
            Perencanaan bisnis
Ada beberapa pengertian tentang perencanaa bisnis :
1.      Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana. 
2.      Business Plan merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan/pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha(business opportunities) yang terdapat di lingkungan eksternal perusahaan,menjelaskan keunggulan bersaing(competitive advantage) uasaha, serta menjelaskan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk menjadikan peluang usaha tersebut menjadi suatu bentuk usaha yang nyata. 
Jadi Business Plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai pada waktu usaha. Adapun isinya sering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran,permodalan,operasional dan sumber daya manusia.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1                   Profil Bisnis
Flanel Shop menjual aneka kreasi dari kain flanel (bross jilbab, gantungan kunci, gantungan HP, boneka pajang, dll) juga aksesoris seperti gelang dan kalung  yang semuanya dibuat sendiri oleh tangan-tangan yang sudah terampil, dan bisa dibuat sesuai dengan desain para konsumen inginkan (made by request), dan dibuat secantik mungkin.
Lokasi Flanel shop di Pekanbaru daerah sekitar Kampus UIN SUSKA yaitu di jl. garuda sakti, sementara ini kami hanya melayani penjualan online saja (belum ada toko), dan kami juga melayani COD.
SMS 085290037992 (CS 1), 081390073222 (CS 2)
WA 089612739833
Line: flanel shop us
BBM 7bd7febc
Fans page :  Flanel Shop
Twitter : flannel shop
Instagram : @flane_shop
website : www.flanelshop.com
2.2              Visi Dan Misi
VISI
Memacu kreatifitas dan inovasi sehingga dapat menghasilkan keunikan tersendiri dari pernak-pernik yang dihasilkan dan juga Menciptakan perdagangan yang memudahkan antara produsen dan konsumen.
MISI
a.       Menggunakan internet sebagai media perdagangan dan promosi sehingga lebih flexsibel dan efisien.
b.      Memudahkan siapa saja untuk memesan produk tanpa harus mendatangi secara langsung tempat penjualannya.
c.       Menciptakan desain baru sehingga perusahaan handycraft flanel shop tetap up to date terhadap apa yang sedang digemari konsumen saat ini.


2.3                   Bentuk Rencana Bisnis
Bisnis kami berbentuk home industry atau  bisnis kecil. Semua produk kami produksi di rumah dengan alat-alat yang diperlukan. Produk yang kami hasilkan berupa bross jilbab, gantungan kunci, kotak pensil, boneka pajangan, dan lain-lain. Dalam hal desain, produk kami menggunakan desain yang sederhana, simple tetapi terlihat cantik dan elegan. Konsumen bisa langsung menghubungi kami apabila ada pesanan desain ataupun bentuk khusus yang diinginkan. Produk kami akan dipasarkan melalui jejaring social, web, dan promosi secara langsung ke konsumen.



BAB III
LINGKUNGAN BISNIS DISEKITAR
Dalam perencanaan pembuatan bisnis pernak-pernik, kami harus memperhatikan lingkungan bisnis karena lingkungan bisnis merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan bisnis.

3.1 Lingkungan Ekonomi
Mengingat kondisi perekonomian di Indonesia tidak stabil, banyak resiko yang akan kami hadapi dalam bisnis ini. Diantaranya rendahnya tingkat pembelian, ini disebabkan masyarakat Indonesia yang selalu menginginkan produk yang berkualitas tetapi dengan harga yang sangat terjangkau. Tetapi dalam hal ini kami tidak terlalu khawatir, dalam pemasaran produk, kami memasang harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat dan juga bisnis kami menekankan pada kualitas produk.

3.2 Lingkungan Industri
Bisnis yang akan kami jalankan ini akan sangat menguntungkan bagi pengusaha industri lainnya. kami akan bekerja sama dengan industri tekstil terutama untuk kain flannel dan peralatan lainnya yang berhubungan dengannya. Kami juga akan bekerja sama dengan para pengusaha pernak-pernik untuk memenuhi bahan-bahan yang kami butuhkan. Tidak hanya itu, kami juga bekerjasama dengan para pembisnis yang memiliki kesamaan produk dengan kami, dalam kerjasama ini kami melakukan sharing informasi dan juga saling membantu karena kami masih pemula.

3.3 Lingkungan Global
Dalam bisnis saya ini, kami akan bekerja keras untuk menjadikan produk kami mampu bersaing dengan produk-produk yang sudah ada. Dengan kwalitas produk yang terbaik dan juga harga yang sangat terjangkau bagi semua kalangan, kami yakin produk kami akan laris di pasaran.



BAB IV
MANAJEMEN

Dalam perencanaan manajemen ini kami membagi dalam beberapa hal yaitu:
4.1              Struktur Organisasi
Karena bisnis kami hanyalah bisnis kecil, maka bagian-bagian dalam struktur organisasi kami hanya bagian-bagian yang kami perlukan, yaitu:
1.   manajer                  : Anita Pauziah H
2.  Bagian Keuangan   : Putri Wahyuni
3.  Bagian Produksi     : Suliatun
4.  Bagian Pemasaran  : Revita dewi

4.2              Job Descripton
1.                  Penanggung jawab bertugas untuk memantau semua aspek produksi hingga distribusi.
2.                  Bagian Keuangan  bertugas untuk membuat anggaran dan laporan keuangan
3.                  Bagian Produksi bertanggung jawab untuk semua ketersediaan bahan baku hingga bahan jadi produk.
4.                  Bagian Pemasaran berkonsentrasi untuk melakukan promosi - promosi produk dengan berbagai media.

4.3              Mengelola Pegawai
Untuk tahap awal kami akan merekrut beberapa mahasiswa yang mempunyai keinginan yang sama dengan kami dalam bidang kerajinan tangan, selanjutnya kami akan menyesuaikan permintaan pasar. Kami  akan memberikan pelatihan-pelatihan pada  para pegawai, sehingga mereka semakin mahir dalam melakukan proses produksi. Selain dengan cara memberikan pelatihan, pegawai juga harus diberikan motivasi dalam bekerja, hal ini dilakukan untuk mendongkrak semangat kerja para pegawai. motivasi yang akan kami berikan berupa : -kenaikan gaji bagi para pegawai yang giat, rajin, dan ulet dalam bekerja. –memberikan fasilitas-fasilitas kerja berupa, ruangan yang nyaman agar pegawai nyaman dalam bekerja. –Dan lain-lain.


BAB V
PERMODALAN

Sumber - sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Flanel shop yaitu dari pemilik usaha pernak-pernik sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.

Neraca Permulaan Perusahaan
1.      Modal Awal produksi



Pembelian bahan

Rp.        500.000,-










2.      Biaya lain-lain
·         Transportasi                                           Rp.   50.000,-
·         Administrasi                                          Rp.  100.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                              RP.  150.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                     Rp. 500.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                       Rp. 150.000,-   +
Total                                                               Rp. 650.000,-




BAB VI
PRODUKSI
6.1               Perncanaan Produksi Bisnis
Pada tahap awal pekerja, kami akan membuat beberapa desain produk seperti kotak pensil, bross jilbab, boneka dan pernak-pernik lainnya.  Untuk tahap berikutnya desain-desain yang telah dibuat akan diproduksi menjadi sebuah produk jadi sesuai dengan desain. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, kami memerlukan bahan-bahan dan alat-alat produksi yang berkualitas juga. Setelah produk awal selesai diproduksi sesuai desain maka selanjutnya adalah pemasaran. Jika konsumen kurang tertarik dengan desain kami maka kami akan mengganti dengan desain baru sesuai keinginan konsumen.

6.2              Supplier Alat dan Bahan Produksi
Kami bekerja sama dengan salah satu toko grosir alat dan bahan produksi pernak-pernik di pekanbaru. Mereka akan memenuhi apa-apa saja yang kami butuhkan. Alat dan bahan yang di sediakan toko tersebut sangat berkualitas dan juga banyak motif dan warna, harga untuk tiap-tiap alat dan bahan terbilang cukup murah. Di toko inilah kami akan mengadakan semua alat dan bahan produksi kami.

6.3              Alat-alat dan Bahan-bahan Produksi
Bahan-Bahan produksi :
1.      kain bulu, kain flannel,  kain katun dan lain – lain
2.      Benang
3.      Berbagai macam pita, seperti pita polkadot ,kotak-kotak, polos bulu, dll
4.      Manik-Manik
5.      Tali warna
6.      Dakron
7.      Pin
8.      Gantungan kunci atau Hp dan lain – lain
Alat-Alat Produksi:
1.                  Jarum
2.                  Gunting
3.                  Bolpoin
4.                  Pola
5.                  Lem listrik
6.                  penggaris
7.                  dan lain-lain




BAB VII
PEMASARAN
Rencana pemasaran sangat diperlukan sekali dalam pembuatan  bisnis pernak-pernik kaena hal ini menyangkut tentang distribusi dan sebaran produk yang akan dibuat.

7.1  Target Pasar
Produk yang  kami buat ditargetkan untuk para wanita dan anak-anak. Karena berdasarkan analisis kami, produk-produk yang berjenis sperti produk kami sangatlah diminati oleh wanita dan anak-anak.

7.2         Karakteristik Produk
Kami menciptakan keunikan-keunikan pada produk kami, dan juga menciptakan ciri khas yang bisa membuat orang tau bahwa produk tersebut adalah produksi kami. Kami akan membedakan produk kami dengan produk-produk lain di pasaran. Kami akan membuat desain-desain yang belum pernah ada, dengan warna yang

7.3         Penetapan Harga
Harga yang akan kami tetapkan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.
Jenis Produk
Harga
1
Bross Jilbab
Rp.   3.000 – Rp. 20.000,-
2
Kotak pensil
Rp.   10.000 – Rp. 25.000,-
3
Boneka Pajang
Rp.   15.000 – Rp. 45.000,- / tergantung ukuran
4
Gantungan Kunci
Rp. 3000 – Rp. 10.000,-
5
Gelang
Rp.   3.000 – Rp. 15.000,-










7.4         Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak - banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya.  

7.5         Promosi
·         Melakukan iklan - iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·         Memasarkan promosi dari lingkungan sekitar.
·         Memasarkan produk melalui website
·         Dan lain-lain



BAB VIII
Analisis SWOT

1.      Kekuatan
a.       Memulai usaha ini kecil kemungkinan akan mengalami kerugian yang besar seandainya usaha tersebut tidak berjalan, karena disini modal pemilik di investasikan dalam bentuk aksesoris flanel, jadi seandainya produk tidak laku dijual, produk tersebut masih bisa dijual ke tempat lain.
b.      Jumlah pengeluaran yang dibutuhkan tidak begitu besar karena sebagian bahan baku bisa diperoleh dari limbah kain dari home industri dan grosiran Aksesoris. Selain itu, bahan baku yang dihasilkan bervariasi dan biayanya terbilang cukup murah.
2.      Kelemahan
a.       flanel shop masih memiliki beberapa kendala dalam pemasaran produk lewat internet. Flanel shop merupakan perusahaan home industri di bidang pembutan handycraft yang sedang berkembang, sehingga apabila ada pesanan besar akan sulit dalam penanganan produksi.
b.      Sebagai mahasiswa kami memiliki keterbatasan waktu dalam proses pembuatan produk.
c.       Jika tidak kreatif dan tidak berusaha mencari model-model aksesoris yang baru maka konsumen akan cepat merasa bosan dengan model yang hanya itu-itu saja.

3.      Peluang
a.       banyak orang yang telah menggunakan internet sebagai kebutuhan untuk berhubungan dengan dunia luar. Ini dapat dijadikan sasaran peluang flanel shop untuk memasarkan produknya melalui internet, karena dengan menggunakan internet siapapun dan kapanpun dapat memesan produk dari flanel shop.
b.      Peluang terbesar dari usaha ini adalah diantara teman-teman lain tidak ada yang melakukan usaha serupa walaupun ada beberapa di lingkungan sekitar.
c.       Keuntungan yang didapat cukup besar jika dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan.
d.      Mudahnya mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi serta harga bahan baku yang murah.
e.       Jika ditekuni, usaha ini masih sangat menjanjikan melihat potensi pasar yang masih terbuka luas.

4.      Ancaman / Pesaing
a.       Adanya perusahaan yang bergerak di bidang sejenis memberikan ancaman yang cukup berarti untuk bisnis flanel shop. Karena perusahaan lain yang telah menekuni bidang ini sejak lama dipastikan telah memiliki banyak konsumen dan modal yang banyak.
b.      Kemungkinan untuk orang lain membuka usaha yang sama sangat besar sehingga peluang persaingan terbuka lebar.







BAB IX
PENUTUP
Dalam pembuatan perencanaan bisnis pernak-pernik ini harus memperhatikan hal-hal penting. Sebelum membuat perencanaan bisnis pernak-pernik ini harus terlebih dahulu menganalisa kondisi lingkungan bisnis antara lain yaitu lingkungan ekonomi, lingkungan industri, lingkungan global karena dengan mengetahui kondisi dari lingkungan, kita dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kesempatan, maupun hambatan dari usaha yang akan kita bangun.
Setelah kita mengetahui kondisi lingkungan, kita harus membuat rencana manajemen yaitu merancang struktur organisasi, serta membuat perencanaan mengenai pengelolaan pegawai. Karena dengan perencanaan manajemen, perusahaan dapat memilih pegawai yang sesuai dengan bisnis kita demi terciptanya keefektifan dan keefisienan lingkungan kerja.
Tidak kalah penting dengan pembuatan rencana manajemen, pembuatan rencana pemasaran pun menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam melakukan perencanaan bisnis pernak-pernik ini. Adapun yang termasuk dalam perencanaan pemasaran adalah menentukan target pasar, menentukan karakteristik produk, menentukan harga produk, menentukan proses distribusi serta proses promosi itu sendiri.
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan keuangan karena banyak sekali perusahaan yang gulung tikar akibat tidak membuat perencanaan keuangan dengan baik.



DAFTAR PUSTAKA

1.Rifai,George.2011.Menyikapi perubahan  dalam bisnis.Bandung.PT Mizan Pustaka.

2.Alma,Buchari.1998.Pengantar  Bisnis.Bandung.Alfabeta.

3.Solihin,Ismail.2006.Pengantar Bisnis:Pengenalan Praktis dan Studi Kasus.Jakarta:Kencana.

1 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact Me

Email us: liavilida0@gmail.com

Our Team Members